Menulis
Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris (Job Application Letter) - Pasar pekerjaan
sekarang ini sangat kompetitif. Banyak orang-orang menginginkan sebuah
perkerjaan yang layak dan pantas, mereka berkompetisi untuk mendapatkannya. Apa
yang harus kita lakukan jika kita ingin melayangkan surat lamaran kerja kepada
suatu instansi atau perusahaan asing atau dalam negeri dengan menggunakan
bahasa Inggris? Kali ini penulis menghadirkan artikel mengenai bagaimana
menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris (job application letter).
Kompetisi
untuk mendapatkan suatu pekerjaan dimulai dari menulis surat lamaran pekerjaan.
Terdapat banyak pelemar pekerjaan yang melayangkan surat lamaran
pekerjaan, maka dari itu surat lamaran pekerjaan anda harus menarik dan impressiv pembaca. Surat lamaran pekerjaan dibuat agar si penulis dipanggil untuk interview. Surat lamaran pekerjaan baiknya terdiri dari satu lembar surat saja, yang terdiri dari 3-4 paragraph saja. Surat lamaran pekerjaan anda harus mudah dibaca (readable) dan mudah dimengerti. Anda harus memilih nada surat yang positif dan hindari tata-grammar yang salah.
pekerjaan, maka dari itu surat lamaran pekerjaan anda harus menarik dan impressiv pembaca. Surat lamaran pekerjaan dibuat agar si penulis dipanggil untuk interview. Surat lamaran pekerjaan baiknya terdiri dari satu lembar surat saja, yang terdiri dari 3-4 paragraph saja. Surat lamaran pekerjaan anda harus mudah dibaca (readable) dan mudah dimengerti. Anda harus memilih nada surat yang positif dan hindari tata-grammar yang salah.
Terdapat
tiga unsur penting dalam surat lamaran pekerjaan, yaitu Introduction, Body dan
Conclusion. Introduction (pengenalan), di bagian ini, anda harus menuliskan
posisi anda bahwa tertarik pada pekerjaan tersebut dan alasan anda mengapa anda
menulis surat lamaran pekerjaan tersebut. Anda juga harus menuliskan bagaimana
anda mendapatkan info mengenai pekerjaan tersebut.
Setelah
menulis bagian introduction (pengenalan), bagian selanjutnya adalah menulis
body (isi) surat lamaran pekerjaan. Pada bagian body (isi) surat lamaran
pekerjaan, anda harus menjelaskan keahlian dan pengalaman yang anda miliki.
Pilih keahlian dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan.
Anda juga bisa menuliskan riwayat pendidikan anda. Ingat tulis secara jelas
tanpa bertele-tele.
Bagian
terakhir dari surat lamaran pekerjaan adalah conclusion (kesimpulan). Bagian
ini adalah bagian di mana anda menuliskan keinginan dan harapan anda untuk
dipanggil interview. Anda juga menuliskan bagaimana instansi atau perusahaan
untuk menghubungi anda jika anda dipanggil untuk interview. Anda bisa
menjatumkan E-mail dan nomor handphone anda.
Untuk lebih
memahami bagaimana menulis surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan
benar, alangkah baiknya untuk melihat Contoh Surat Lamaran Kerja BahasaInggris.
by Jjn '13
by Jjn '13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Anda mengerjakan tugs, Komentar. atau bertanya