running

JDILAH ORANG YANG KREATIV PASTI ANDA AKAN MENJADI SMART....MENUNTUT ILMU ADALAH WAJIB HUKUMNYA BAGI SEMUA MANUSIA....... LONG LIVE EDUCATION

RPP



RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Program Keahlian             : Multimedia
Kelas / Semester               : X / I
Alokasi Waktu                  : 4 X 45 Menit
Pertemuan Ke                   : 1 dan 2

Standar Kompetensi : Berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada level novice (score:10 – 300)
Kompetensi Dasar : 1.1 Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan

Indikator : 1. Ucapan salam pada saat bertemu dan berpisah digunakan secara tepat
2.Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain diperagakan dengan tepat
3.Brbagai ungkapan terima kasih dan responnya digunakan secara tepat
4.Berbagai ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya diperagakan dengan tepat.

I.Tujuan :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.Memahami dan menggunakan ungkapan salam pada saat bertemu dan berpisah secara tepat dalam kehidupan sehari-hari
2.Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris secara tepat.
3.Memahami dan menggunakan ungkapan terima kasih dan responnya secara tepat dalam kehidupan sehari-hari.
4.Memahami dan menggunakan ungkapan penyesalan dan permintaan maaf beserta responnya secara tepat dalam kehidupan sehari-hari

II.Materi Ajar
1.Greeting and leave takings
a.Good morning
b.How are you
c.I’m fine, thanks
d.See you later

2.Introducing
a.May I introduce myself? I am Budi.
b.Ani, this is Ida.
c.Nice to meet you.

3.Thanking
a.Thank you very much.
b.You are welcome.

4.Apologizing
a.I am sorry for…
b.Please forgive me …

5.Grammar Review
   a.Personal Pronoun (Subject & Possessive)
      I – my
      You - your
   b.Simple Present Tense
       To be & Verb 1

III.Metode Pembelajaran
1.Ceramah
2.Diskusi
3.Praktek

IV.Langkah-langkah Pembelajaran


1.Kegiatan Awal
a.Guru mengingatkan kembali materi yang telah diberikan secara umum
b.Guru menanyakan dan mendiskusikan pekerjaan rumah
c.Guru memberi pancingan umum tentang materi yang akan dipelajari 


2.Kegiatan Inti/Inti Pelaksanaan
a.Guru dan siswa mendiskusikan materi inti
b.Guru memberi contoh dan meminta siswa untuk membuat contoh lain dan mencoba dipraktekan dalam dialog


3.Kegiatan Akhir
a.Siswa mempraktekan materi pembelajaran dalam bentuk dialog keseharian
b.Guru memberikan latihan soal kepada siswa
c.Guru menandaskan kembali kesimpulan materi pembelajaran
d.Guru memberi tugas pada siswa.

V.Alat/Bahan/Sumber bahan
1.Papan tulis
2.Gambar
3.Buku pelajaran bahasa Inggris
4.Modul

VI.Evaluasi
A.Soal-soal/Permasalahan
1.Please fill the blank with suitable to be.
a.Hello, my name………..Doni.
b.I ……….from Kroya.
c.My friends ……..Dona and Andy.
d.Risky ….. a clever student.
e.Her book and her pen………in her bag.
2.Change the verb in bracket into the correct form of present tense.
a.Dicky always (study)……at night
b.We (do)………our homework on time.
c.Mr. Andy and I often (go) ……….to the beach.
d.The school (begin) …….at seven.
e.They (not, go)……….to school everyday.
3.Change these sentences into negative and interrogative sentences.
a.She usually goes to school on foot.
b.My friends and I often have lunch in the canteen.
c.Mrs. Anita teaches English in our school.
d.The students read the book in the library.
e.We study English twice a week.
4.Please complete this dialogue using correct word/phrase
a.A: What is……..name?
B: My name is Anita.
A: ………are you from.
B: I’m from Binangun.
b.S: ……………… Sir!
T: Good morning, Desi.
S: ………….for coming late Sir.
T: It’s OK. Please sit down.
S: ……………..Sir.
T: You’re welcome.

B.Kunci Jawaban/Pemecahan Masalah
1.a. Hello, my name is Doni.
b. I am from Kroya.
c. My friends are Dona and Andy.
d. Risky is a clever student.
e. Her book and her pen are in her bag.
2. a. Dicky always studies at night
b. We do our homework on time.
c. Mr. Andy and I often go to the beach.
d. The school begins at seven.
e. They don’t go to school everyday.
3. a. She doesn’t usually go to school on foot.
Does she usually go to school on foot?
b. My friends and I don’t often have lunch in the canteen.
Do my/your friends and I/you often have lunch in the canteen?
c. Mrs. Anita doesn’t teach English in our school.
Does Mrs. Anita teach English in our school?
d. The students don’t read the book in the library.
Do the students read the book in the library?
e. We don’t study English twice a week.
Do we study English twice a week?
4. a. A: What is your name?
B: My name is Anita.
A: Where are you from.
B: I’m from Binangun.
b. S: Good morning Sir!
T: Good morning, Desi.
S: I’m sorry/please forgive me for coming late Sir.
T: It’s OK. Please sit down.
S: Thank you Sir.
T: You’re welcome.



Mengetahui,                 
Kepala SMK Tamansiswa Jetis                                                      Guru Mata Diklat



Drs. Mus Dahlan                                                                               Jejen, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda mengerjakan tugs, Komentar. atau bertanya